Cek Koneksi Internet

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah, sekolah ataupun perkantoran, bahkan warung pun sekarang dilengkapi dengan fasilitas internet.

Selama koneksi jaringan internet lancar, kita dapat bekerja & lakukan bisnis dengan nyaman. Namun apa jadinya jika koneksi internet kita lambat, atau malah terputus sama sekali.. Apa yang akan kita lakukan?

Kebanyakan orang tidak mau ambil pusing dan langsung menghubungi provider sebagai penyedia jasa internet (dalam hal ini pihak telkom misalnya). Padahal permasalahan belum tentu dari provider internet dan layanannya pun belum tentu bisa diberikan saat itu juga. Bisa jadi perangkat jaringan/komputer kita adalah penyebab lambatnya koneksi jaringan internet, bisa jadi juga karena kesalahan pemasangan jalur kabel internetnya.

Nah, kali ini kita akan coba telusuri satu per satu kemungkinan penyebab hilangnya/ lemahnya koneksi jaringan internet yang kita punya. Are you ready?

1. Sibuknya lalu lintas jaringan bisa jadi salah satu penyebab lemotnya koneksi internet kita. Buka Control Panel - Network Connection, klik kanan Disable & kemudian Enable kembali.
2. Cek IP Address & DNS. Buka Control Panel - Network Connection, klik kanan Properties pilih TCP/IP versi 4. Pastikan DNS yang tercantum sudah sesuai dengan provider, namun jika tidak tau pilih saja Automatic.
3. Cek ulang alur kabel jaringan internet kita. Bisa jadi kabel yang terhubung ke PC/laptop kita kurang nancap, atau mungkin kabel yang mengarah ke switch hub/ modem terlepas.
4. Pastikan juga kabel crimping/ujung kabel pada RJ45 terlihat jelas semuanya, kalau perlu gunakan cable tester. Jika ada indikator angka yang gak nyala, kabel harus di-crimping ulang.
5. Cek juga bahwa sumber jaringan internet sudah mengalir ke komputer kita, caranya buka command run dari menu Windows - Run (tekan tombol windows+R di keyboard) kemudian ketikkan "ping 192.168.100.1" [sesuaikan dengan DNS dari provider internet].
6. Andai langkah-langkah sudah dilakukan & tidak membuahkan hasil, langsung aja koneksikan ke modem internet. Cek lagi poin 1-2 diatas. Jika masih gak connect coba matikan modem internet, tunggu sekitar 10 detik dan nyalakan lagi.
7. Jika dari modem internet masih tetap gak ada data yang dialirkan, barulah hubungi provider untuk konfirmasi koneksi internet di tempat kita.

Sekian dulu, cukup sedikit aja ya tips-nya.. semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasangan Internet Baru

Setting EzCast/ Screen Mirroring