ITIL-Service Management

Pada kesempatan ini aku akan sharing ilmu yang pernah aku peroleh sewaktu ikut training di jogja tentang ITIL-Service Management, yang intinya "adopt" and "adapt". Sebenarnya konsep ITIL ini lebih cocok diterapkan di sebuah perusahaan, namun kali ini aku ingin coba menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya tujuan utama ITIL adalah pelayanan IT kepada user yang memiliki 'nilai' lebih, bukan sekedar memenuhi permintaan. Setiap komplain user harus segera diselesaikan dan usahakan setelah penanganan tidak ada kejadian berulang.

ITIL terdiri dari 5 komponen yang saling berkesinambungan:
1. Service strategy; pada lingkup ini user memiliki otoritas penuh akan tujuan penggunaan IT, permintaan khusus teekait layanan IT dan manajemen keuangannya.
2. Service design; mencakup pembagian tugas terkait layanan IT, layanan apa saja yang bisa diberikan, kapasitas & ketersediaan, kelangsungan, keamanan akses layanan termasuk pemasok barang IT.
3. Service transition; adanya perubahan layanan karena perubahan manajemen, rilis & penyebaran, aset beserta konfigurasinya, hingga pengetahuan user (knowledge management).
4. Service operation; layanan yang dilakukan berdasarkan permintaan khusus, event tertentu dan bisa juga karena adanya insiden.
5. Continual service improvement; yaitu peningkatan layanan berkelanjutan berdasarkan hasil evaluasi, tren yang lagi hangat, juga adanya analisa & pelaporan.

Selanjutnya aku ingin tawarkan jasa/ layanan perbaikan komputer di wilayah Pasuruan, khususnya Purwodadi sebagai bentuk implementasinya. Barangkali aku bisa bantu permasalahan komputer yang sedang dihadapi.

**indahnya berbagi**

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasangan Internet Baru

Cek Koneksi Internet

Setting EzCast/ Screen Mirroring